Analisis Tingkat Pencapaian Hasil Nilai Ujian Nasional SMP/MTs Pada Mata Pelajaran Matematika dan IPA Di Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu cara mengevaluasi proses pembelajaran yaitu dengan melihat prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa salah satunya dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian hasil nilai Ujian Nasional pada mata pelajaran matematika dan IPA di Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literature dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Pusat Penilaian Pendidikan di situs web Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id) yang meliputi jumlah SMP/MTs seluruh kota Padangsisimpuan dan data kelulusan siswa empat tahun terakhir. Analisis data yang dikakukan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson dengan teknik pengolahan data menggunakan aplikasi Ms.Excel dan SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Ujian Nasional mata pelajaran matematika dan IPA pada tahun 2017 dan 2018 mengalami penurunan sehingga dikategorikan “kurang”. Pada tahun 2019 nilai rata-rata Ujian Nasional mata pelajaran matematika dan IPA sedikit mengalami peningkatan dari tahun 2017 dan 2018 meskipun masih dikategorikan “kurang”. Untuk analisis korelasinya terdapat hubungan yang signifikan dan sangat kuat antara nilai rata-rata ujian nasional matematika dan IPA.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.