Peran Self-Efficacy Terhadap Self-Regulation Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMA 2 Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Firdaus Zul

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dapat mempengaruhi siswa dalam mengikuti proses pendidikan. Regulasi diri siswa dalam belajar adalah salah satu cara siswa untuk mengelola strategi belajarnya. Didukung juga oleh efikasi diri yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri terhadap regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMA 2 Bukittinggi. Subjek dalam Penelitian ini sejumlah 359 siswa dari kelas 10,11 dan 12. Alat pengumpulan data menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala efikasi diri dan skala regulasi diri. Teknik analisa data yang digunakan yaitu korelasi analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (r) = 0,824 dengan taraf p = 0,000 (p<0,05). Pengaruh signifikan dari efikasi diri terhadap regulasi diri sebesar r2 = 67,9% sedangkan 32,1% regulasi diri ditentukan oleh faktor lain seperti pengetahuan, motivasi dan kemauan diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara peran efikasi diri dengan regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMA 2 Bukittinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zul, F. (2021). Peran Self-Efficacy Terhadap Self-Regulation Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMA 2 Bukittinggi. PAKAR Pendidikan, 18(1), 57-71. https://doi.org/10.24036/pakar.v18i1.201

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.