Peran Self-Efficacy Terhadap Self-Regulation Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMA 2 Bukittinggi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pembelajaran jarak jauh dapat mempengaruhi siswa dalam mengikuti proses pendidikan. Regulasi diri siswa dalam belajar adalah salah satu cara siswa untuk mengelola strategi belajarnya. Didukung juga oleh efikasi diri yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri terhadap regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMA 2 Bukittinggi. Subjek dalam Penelitian ini sejumlah 359 siswa dari kelas 10,11 dan 12. Alat pengumpulan data menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala efikasi diri dan skala regulasi diri. Teknik analisa data yang digunakan yaitu korelasi analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (r) = 0,824 dengan taraf p = 0,000 (p<0,05). Pengaruh signifikan dari efikasi diri terhadap regulasi diri sebesar r2 = 67,9% sedangkan 32,1% regulasi diri ditentukan oleh faktor lain seperti pengetahuan, motivasi dan kemauan diri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara peran efikasi diri dengan regulasi diri siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMA 2 Bukittinggi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.