Pengembangan Instrumen Footwork Tenis Lapangan Berbasis Digital Pengembangan Instrumen Footwork Tenis Lapangan Berbasis Digital Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya instrument tes gerakan kaki (Footwork) pada pembelajaran tenis lapangan yang efektif, efisien dan modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang intrumen tes gerakan kaki (Footwork) pada pembelajaran cabang olahraga tenis lapangan yang efektif, efisien, modern dan dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Footwork tenis lapangan di club, maupun perguruan tinggi keolahragaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Devlopment. Tahapan pengembangan instrumen tes ini adalah observasi guna melihat potensi masalah, pengumpulan informasi/data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Hasil penelitian ini adalah untuk validitas ahli tenis lapangan didapat persentase penilaian sebesar 97,5%. Hasil ini mengisyaratkan bahwa menurut ahli tenis lapangan instrument tes footwork berbasis digital ini memiliki kategori “Baik / Layak”, sedangkan hasil validasi ahli tes dan pengukuran didapat persentsae penilaian sebesar 95% dapat disimpulkan menurut ahli tes dan pengukuran bahwa instrumen tes footwork berbasis digital ini memiliki kategori “Baik / Layak”, dan hasil penghitungan reliabilitas dengan teknik test and retest didapat nilai r sebesar 0.998 maka dapat dikatakan berkorelasi “tinggi dan signifikan”, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes footwork berbasis digital baik digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur gerakan kaki (footwork) pada pembelajaran tenis lapangan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.