Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Silmi Amrullah
Zulmi Ramdani
Andi Amri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian terhadap fenomena dan gejala yang bersifat alami. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan auditing untuk kriteria kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Latar alamiah MA Al-Falah berdasarkan sejarahnya yaitu berangkat dari keinginan yang kuat untuk terus mengembangkan nilai-nilai Qur’ani. (2) komponen kurikulum MA Al-Falah merupakan gabungan dari kurikulum Kementrian Agama, Depdiknas, dan Pondok Pesantren. (3) pelaksanaan kurikulum berdasarkan dua penyesuaian diantaranya, kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, kondisi dan masyarakat, serta kesesuaian dengan  isi, tujuan, proses dan evaluasi. (4) konsep kurikulum yang digunakan di MA Al-Falah adalah konsep kurikulum rekontruksi sosial dan konsep kurikulum humanistik. (5) langkah-langkah manajemen kurikulum di MA Al-Falah meliputi: a) perumusan tujuan, b) perencanaan rancangan kurikulum, c) memilih jenis program tambahan, d) pemilihan metode, e) pelaksanaan pembelajaran, f) pemilihan bentuk evaluasi. (6) faktor penunjang dalam manajemen kurikulum MA Al-Falah yaitu sumber daya managerial yang profesional, koordinasi seluruh bidang, dan evaluasi yang terjadwal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat kejenuhan peserta didik dikarnakan lokasi yang tidak ada perubahan dan kurangnya pelatihan profesi bagi tenaga pendidik dan kependidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amrullah, S., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung). PAKAR Pendidikan, 19(1), 73-85. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i1.208

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.