Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian terhadap fenomena dan gejala yang bersifat alami. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan auditing untuk kriteria kepastian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Latar alamiah MA Al-Falah berdasarkan sejarahnya yaitu berangkat dari keinginan yang kuat untuk terus mengembangkan nilai-nilai Qur’ani. (2) komponen kurikulum MA Al-Falah merupakan gabungan dari kurikulum Kementrian Agama, Depdiknas, dan Pondok Pesantren. (3) pelaksanaan kurikulum berdasarkan dua penyesuaian diantaranya, kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, kondisi dan masyarakat, serta kesesuaian dengan isi, tujuan, proses dan evaluasi. (4) konsep kurikulum yang digunakan di MA Al-Falah adalah konsep kurikulum rekontruksi sosial dan konsep kurikulum humanistik. (5) langkah-langkah manajemen kurikulum di MA Al-Falah meliputi: a) perumusan tujuan, b) perencanaan rancangan kurikulum, c) memilih jenis program tambahan, d) pemilihan metode, e) pelaksanaan pembelajaran, f) pemilihan bentuk evaluasi. (6) faktor penunjang dalam manajemen kurikulum MA Al-Falah yaitu sumber daya managerial yang profesional, koordinasi seluruh bidang, dan evaluasi yang terjadwal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat kejenuhan peserta didik dikarnakan lokasi yang tidak ada perubahan dan kurangnya pelatihan profesi bagi tenaga pendidik dan kependidikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.