Paradigma Baru Program Studi Pendidikan Non Formal/Pendidikan Luar Sekolah (PNF/PLS) Di Era VUCA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Ivan

Abstract

Penguasaan data dan informasi memiliki peran signifikan bagi program studi Pendidikan Non Formal/ Pendidikan Luar Sekolah (PNF/PLS) untuk beradaptasi di era disrupsi. Era disrupsi identik dengan kondisi VUCA yang merupakan singkatan dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks), dan Ambigue (tidak jelas). Kondisi tersebut mengubah berbagai tatanan politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang berdampak pula pada dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan paradigma baru dalam memproyeksikan lulusan PNF/PLS yang berdaya saing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma baru akan memberikan efek positif dalam mengubah mindset program studi PNF/PLS. 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ivan, M. (2021). Paradigma Baru Program Studi Pendidikan Non Formal/Pendidikan Luar Sekolah (PNF/PLS) Di Era VUCA. PAKAR Pendidikan, 19(2), 87-100. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i2.210

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.