Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni sebagai Indikator Keberhasilan Pendidikan Indonesia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini membahas salah satu indikator yang digunakan pemerintah dalam mengukur keberhasilan di bidang pendidikan yaitu melalui capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) untuk jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS dan Sekolah Menengah tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif sederhana dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenaikan anggaran pendidikan yang telah dialokasikan pemerintah dalam APBN setiap tahunnya selama tahun 2005-2019 belum mampu membuat APK dan APM di Indonesia tercapai secara maksimal. Penelitian ini menyarankan agar pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur sekolah di daerah yang padat penduduk, daerah yang masih banyak anak usia sekolah yang tidak bersekolah, daerah yang jarak dari rumah ke sekolah relatif jauh, daerah 3T, sehingga menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Penelitian ini juga menyarankan pemerintah melaksanakan program untuk menarik anak-anak yang tidak sekolah agar mau masuk sekolah atau paket kesetaraan A/B/C dan memastikan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) diterima oleh anak-anak dari keluarga kurang mampu.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
[2] Republik Indonesia, 2004. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
[3] Panji Hendrarso. 2020. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi menuju Era VUCA : Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta, vol. 7, no. 2
[4] Muhammad Yamin, Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), vol. 6, no. 1
[5] Meylan Saleh. 2020. Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNG
[6] Yosep Dwi Kristanto. 2020. Covid 19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh
[7] Dini Amaliah. 2015. Pengaruh Partisipasi Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin, vol. 2, no.3
[8] Nofri Hendri. 2020. Merdeka Belajar; antara Retorika dan Aplikasi, vol. 8, no. 1
[9] Kementerian Keuangan Republik Indonesia. “Portal Data APBN Kementerian Keuangan”. http://www.data-apbn.kemenkeu.go.id/ (Diakses 9 Desember 2020)
[10] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “APK/APM Kemdikbud dan Kemenag Indonesia”. http://spasial.data.kemdikbud.go.id/ (Diakses 10 Desember 2020)
[11] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Sistem Pendukung Kebijakan Decision Support System (DSS)”. http://apkapm.data.kemdikbud.go.id/ (Diakses 10 Desember 2020)