Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni sebagai Indikator Keberhasilan Pendidikan Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nita Safira
Yudhi Hari Wibowo

Abstract

Penelitian ini membahas salah satu indikator yang digunakan pemerintah dalam mengukur keberhasilan di bidang pendidikan yaitu melalui capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) untuk jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS dan Sekolah Menengah tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif sederhana dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenaikan anggaran pendidikan yang telah dialokasikan pemerintah dalam APBN setiap tahunnya selama tahun 2005-2019 belum mampu membuat APK dan APM di Indonesia tercapai secara maksimal. Penelitian ini menyarankan agar pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur sekolah di daerah yang padat penduduk, daerah yang masih banyak anak usia sekolah yang tidak bersekolah, daerah yang jarak dari rumah ke sekolah relatif jauh, daerah 3T, sehingga menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Penelitian ini juga menyarankan pemerintah melaksanakan program untuk menarik anak-anak yang tidak sekolah agar mau masuk sekolah atau paket kesetaraan A/B/C dan memastikan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) diterima oleh anak-anak dari keluarga kurang mampu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Safira, N., & Wibowo, Y. (2021). Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni sebagai Indikator Keberhasilan Pendidikan Indonesia. PAKAR Pendidikan, 19(2), 101-115. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i2.212

References

[1] Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
[2] Republik Indonesia, 2004. Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
[3] Panji Hendrarso. 2020. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi menuju Era VUCA : Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta, vol. 7, no. 2
[4] Muhammad Yamin, Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), vol. 6, no. 1
[5] Meylan Saleh. 2020. Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNG
[6] Yosep Dwi Kristanto. 2020. Covid 19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh
[7] Dini Amaliah. 2015. Pengaruh Partisipasi Pendidikan Terhadap Persentase Penduduk Miskin, vol. 2, no.3
[8] Nofri Hendri. 2020. Merdeka Belajar; antara Retorika dan Aplikasi, vol. 8, no. 1
[9] Kementerian Keuangan Republik Indonesia. “Portal Data APBN Kementerian Keuangan”. http://www.data-apbn.kemenkeu.go.id/ (Diakses 9 Desember 2020)
[10] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “APK/APM Kemdikbud dan Kemenag Indonesia”. http://spasial.data.kemdikbud.go.id/ (Diakses 10 Desember 2020)
[11] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Sistem Pendukung Kebijakan Decision Support System (DSS)”. http://apkapm.data.kemdikbud.go.id/ (Diakses 10 Desember 2020)

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.