Pengaruh Penerapan Metode Cluster Theme Flashcard Terhadap Peningkatan Vocabulary Bahasa Inggris

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irene Putri Christijanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode cluster theme flashcard terhadap peningkatan vocabulary bahasa Inggris pada siswa kelas III SD Negeri Muktiharjo Kidul 01 Semarang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 73 orang, dengan 36 orang siswa kelas III A dan 37 orang siswa kelas III B. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi atau sampling jenuh. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain eksperimen ulang non-random (non-randomied pretest-posttest control group design). Berdasarkan hipotesis yang diajukan : 1.) ada perbedaan peningkatan vocabulary bahasa Inggris ditinjau dari metode cluster theme flashcard dan pembelajaran konvensional, diterima. Analisis data menggunakan uji mann-whitney dan diperoleh hasil U = -3,803 dengan p = 0,000 (p < 0,05). 2.) ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dengan setelah penerapan metode cluster theme flashcard terhadap peningkatan vocabulary bahasa Inggris, diterima. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh hasil z = -4,779 dengan p = 0,000 (p < 0,05). 3.) ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dengan setelah penerapan metode cluster theme flashcard terhadap peningkatan vocabulary parts of the school, diterima. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh z = -5,241 dengan p = 0,000 (p < 0,05). 4.) ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dengan setelah penerapan metode cluster theme flashcard terhadap peningkatan vocabulary foods, diterima. Analisa hasil menggunakan uji Wilcoxon dan diperoleh nilai z = -5,310 dengan p = 0,000 (p < 0,05).



Kata Kunci : Bahasa Inggris, Metode Cluster Theme Flashcard, Vocabulary


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Christijanto, I. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Cluster Theme Flashcard Terhadap Peningkatan Vocabulary Bahasa Inggris. PAKAR Pendidikan, 19(1), 44-72. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i1.215

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.