Upaya-Upaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pendidikan di Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

nimadeyuerna tanuriasari

Abstract

Kualitas pendidikan di sekolah menjadi harapan kalangan masyarakat. Kualiatas selalu menjadi nilai utama yang dipasang oleh masyarakat dalam menentukan pilihan sekolah. Jadi pemahaman dalam pengelolaan sekolah menjadi hal penting, dalam mengoptimalkan kualitas sebagai wujud layanan terhadap masyarakat yang mencari sekolah.


Untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan kualitas pengelolaan pendidikan, agar memahami tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam pengelolaan sekolah, serta mengetahui penyebab masalah pendidikan di indonesia, dan mengetahui perlunya relevansi dan pemerataan pendidikan


Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini memanfaatkan sumber data atau subjek penelitian yang bersumber dari murid dan seluruh komponen sekolah di SMP Dharma Praja Badung, yang menjadi informan dalam penelitian ini.


Hasil penelitian menemukan bahwa sekolah sebagai komponen input yang paling erat hubungannya dengan kebijakan pendidikan. Khususnya pada pendidikan dasar faktor sekolah yang peling dominan ialah tenaga pendidik dan buku. Sementara itu pada jenjang pendidikan yang lebih rendah, kemampuan guru atau tenaga pendidik dalam mengajar dan menuntun siswa belajar sangat menentukan keberhasilan pencapaian materi yang diajarkan. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin rendah dominasi peran guruatautenaga pendidik karena siswa semakin mampu memahami materi yang tertulis dalam buku.


 


Kata Kunci : Meningkatkan, Kualitas, Pengelolaan Pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
tanuriasari, nimadeyuerna. (2021). Upaya-Upaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. PAKAR Pendidikan, 19(1), 106-123. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i1.216

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.