Upaya-Upaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pendidikan di Indonesia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kualitas pendidikan di sekolah menjadi harapan kalangan masyarakat. Kualiatas selalu menjadi nilai utama yang dipasang oleh masyarakat dalam menentukan pilihan sekolah. Jadi pemahaman dalam pengelolaan sekolah menjadi hal penting, dalam mengoptimalkan kualitas sebagai wujud layanan terhadap masyarakat yang mencari sekolah.
Untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan kualitas pengelolaan pendidikan, agar memahami tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam pengelolaan sekolah, serta mengetahui penyebab masalah pendidikan di indonesia, dan mengetahui perlunya relevansi dan pemerataan pendidikan
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini memanfaatkan sumber data atau subjek penelitian yang bersumber dari murid dan seluruh komponen sekolah di SMP Dharma Praja Badung, yang menjadi informan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menemukan bahwa sekolah sebagai komponen input yang paling erat hubungannya dengan kebijakan pendidikan. Khususnya pada pendidikan dasar faktor sekolah yang peling dominan ialah tenaga pendidik dan buku. Sementara itu pada jenjang pendidikan yang lebih rendah, kemampuan guru atau tenaga pendidik dalam mengajar dan menuntun siswa belajar sangat menentukan keberhasilan pencapaian materi yang diajarkan. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin rendah dominasi peran guruatautenaga pendidik karena siswa semakin mampu memahami materi yang tertulis dalam buku.
Kata Kunci : Meningkatkan, Kualitas, Pengelolaan Pendidikan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.