Analisis Wacana Kekuasaan untuk Merespon Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat menemukan unsur-unsur politis dalam kebijakan penanganan COVID-19 yang disusun oleh Pemerintah. Adapun hal tersebut perlu dilakukan karena nuansa politis yang muncul dari masyarakat terhadap kebijakan penanganan COVID-19 yang disusun oleh Pemerintah masih dominan bersifat kelembagaan dan baru dikaji dari topik-topik populer seperti ekonomi, pemerintahan, virologi hingga kedokteran. Dikerjakan dengan panduan analisis kekuasaan dan wacana kritis dan dipandu pula oleh rumusan masalah “bagaimana idealitas praktik penggunaan ilmu politik untuk membaca kebijakan-kebijakan penanganan pandemi COVID-19 yang disusun oleh Pemerintah?”, penelitian ini lantas sampai pada beberapa hasil sebagai berikut. Pertama, bahwa kekuasaan ternyata terdiri dari beberapa tingkat dan masing-masing dari tingkat kekuasaan tersebut berkaitan satu sama lain. Kedua, bahwa tingkat-tingkat kekuasaan tersebut lantas juga bisa didalami melalui analisis wacana sebagai sebuah metode penelitian alih-alih kerangka teoretik. Ketiga, bahwa tingkat-tingkat kekuasaan tersebut juga inheren dengan konsep wacana kekuasaan. Akhirnya, besar harapan, setelah mengetahui derajat keutuhan isu politik pada tingkat yang seharusnya, masyarakat jadi lebih mengerti posisi politiknya terhadap kebijakan penanganan COVID-19 yang disusun oleh Pemerintah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.