Peran Orang Tua Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital

Main Article Content

Hany Lusia Damayanti

Abstract

ABSTRAK


Pendidikan karakter dapat diartikan sebuah proses dalam mengembangkan sikap dan pribadi menjadi lebih baik. Pendidikan karakter juga sebuah usaha untuk memahami, peduli dan melaksanakan segala ketentuan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk karakter anak di era digital. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Subjek penelitian meliputi 7 responden yang terdiri dari orang tua dan anak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak selama pembelajaran daring. Apalagi pada saat anak menggunakan gadget dalam proses pembelajaran daring, orang tua selalu mendampingi dan menemani anak supaya anak tidak menonton atau membuka aplikasi yang menimbulkan dampak negatif untuk moral anak. Jadi, lingkungan keluarga salah satu hal yang sangat mempengaruhi akan keberhasilan pembentukan karakter anak yang dilakukan oleh orang tua selama dirumah.

Article Details

How to Cite
Damayanti, H. (2022). Peran Orang Tua Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital. PAKAR Pendidikan, 20(1), 62-75. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i1.254
Section
Articles

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48. doi:https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Ansori, W. L., Pramesti, V. A., & Diantoro, F. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Journal of Education and Religious Studies (JERS), 1(2), 40-46. doi:http://doi.org/10.12345/jers/0000
Antoni, A. (2021, October 19). Legislator Semarang: 80 Persen Kedisplinan Anak Hilang selama Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved November 2, 2021, from iNews Jateng.id: https://jateng.inews.id/berita/legislator-semarang-80-persen-kedisplinan-anak-hilang-selama-pembelajaran-jarak-jauh
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayan, 10(3), 282-289. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152-159. doi:https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian, 17(2), 315-330. doi:https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52-59. doi:https://doi.org/10.53696/27219283.59
Ginanjar, R. M. (2021, July 17). Pendidikan Karakter di Indonesia. Retrieved November 1, 2021, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ravii97194/60f24bd206310e444d063fb2/pendidikan-karakter-di-indonesia
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. doi:https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Perkemabangan Fisik Motorik Anak Di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Putri Mojokerto. Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20-33. doi:https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.722
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132. doi:https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100-111. doi:https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Sabron, Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship VI. 1, pp. 30-38. Semarang: Universitas PGRI Semarang. doi:https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117
Sukarno, Sularmi, Suharno, & Surya, A. (2021). Impllementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praktis. Jurnal Riset Pedagoggik, 5(1), 167-173. doi:https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53132
Susilawati, S., Maula, I., & Albar, R. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Dengan ETD (Explain, Test, Discussion) Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, pp. 95-104. Pekalongan: Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/536
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Konstribusi Peran Orangtua dan Guru Dalam Pembentukkan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37. doi:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Yanto, M. (2020). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 176-183. doi:https://doi.org/10.29210/146300
Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. doi:10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.