Strategi Komunikasi Pembelajaran dengan Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Komunikasi Selama Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ega Hawa Ari Melati
Faradilla Fauziah
Sylvia Veronica Putri Maharani

Abstrak

Studi ini berpendapat bahwa selama pandemi Covid-19, Lembaga Pendidikan mulai menggunakan strategi daring dengan memanfaat media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Strategi komunikasi ini digunakan agar Lembaga Pendidikan bisa tetap memberikan hak pembelajaran kepada siswa, sekaligus menjaga keamanan siswa dari risiko terkena pandemi Covid-19. Rumusan masalahnya  adalah bagaimana strategi komunikasi pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK selama pandemic Covid-19, serta penggubaan media palig banyak dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK selama pandemi Covid-19 berlangsung, serta mengetahui media TIK yang mayoritas digunakan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan yang berfokus pada konsep strategi komunikasi, komunikasi pembelajaran dan TIK. Penelitian ini menemukan hasil bahwa: Setiap Lembaga Pendidikan sudah menerapkan strategi komunikasi pembelajaran daring dengan memanfaatkan media TIK. Media TIK yang paling sering digunakan adalah google meet, zoom, whatsapp group, google drive, line dan power point. Dimana media-media tersebut digunakan kegiatan ajar mengajar, absensi, diskusi kelompok, sampai dengan pemberian tugas. Frekuensi penggunaan media TIK ini dilakukan setiap hari, selama kegiatan ajar mengajar berlangsung. Namun, dalam pelaksanaan startegi komunikasi pembelajaran daring masih ditemukan beberapa kendala yang dialami oleh parah siswa, seperti  jaringan, device, dan kontrol siswa. Namun, disisi lain mampu memfasilitasi siswa menerima pembelajaran dengan baik selama masa pandemi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis (2021).
Amirullah, A., Saleh, S., Purnomo, S. W., & Sutryani, H. (2022). Pengaruh Pengawasan dan Komunikasi Interaktif Terhadap Upaya Meningkatkan Disiplin Taruna. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 5(1), 126–135.
Din, M., & Nurjaman, E. (2022). Strategi Komunikasi Pembelajaran Daring Masa Covid-19 di MAN Ihsan Cendekia Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Common, 6(2), 179–191. https://doi.org/10.34010/common.v6i2.8541
Fatmakiyyah, F., & Amrullah, M. (2021). Learning Strategies at SMP Muhammadiyah 4 Gempol during the Covid-19 Pandemic. Proceedings of The ICECRS, 10. https://doi.org/10.21070/icecrs20211154
Fitriani, N. (2020). Pembelajaran E-learning Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran di Era Digitalisasi.
Gintara, T., Paramita, S., & Salman, D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Pelita II di Masa Covid-19. Kiwari, 1(1), 149. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15640
Hariyani, Y. (2022). Strategi Komunikasi Guru Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SD Miftahul Huda Desa Bregeng Begunong Klampis di Masa Pandemi Covid-19.
Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
Iswari, F. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(1), 35–43.
Jamilah, M. (2020). Dampak Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID 19 pada Siswa Sekolah Dasar.
Martin, A., & Maulida, D. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Sosial dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Berkebutuhan di Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5689–5694.
Octaviani, F., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2022). Strategi Komunikasi dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas, 4(I), 21–33. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4iI.4882
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7, 33–41.
Safitri, R. S., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Guru SMA Alfa Centauri Bandung Masa Pembelajaran Online di Situasi Pandemi COVID-19. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 64. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7620
Satgas Covid-19. (2020). Analisis Data COVID-19 Indonesia (Update Per 20 Desember 2020). Https://Covid19.Go.Id/p/Berita/Analisis-Data-Covid-19-Indonesia-Update-20-Desember-2020 .
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. (n.d.).
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (n.d.).
Wicagsono, M. A. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. PAKAR Pendidikan, 20(2), 50–64. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.252

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##