Strategi Pembelajaran Peserta Didik Penyandang Autis dalam Berinteraksi Sosial di MI Muhammadiyah PK Kartasura

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agita Indah Pramesti
Murfiah Dewi Wulandari

Abstrak

Pendidikan untuk peserta didik berkebutuhan khusus terutama autisme sangat diperlukan dalam kelangsungan hidup bermasyarakat. Oleh sebab itu penelitian ini memiliki beberapa tujuan antara lain untuk mencari tahu: 1) Perencanaan pembelajaran peserta didik penyandang autis; 2) Pelaksanaan pembelajaran peserta didik penyandang autis; 3) Evaluasi pembelajaran peserta didik penyandang autis; 4) Kendala dan solusi pembelajaran peserta didik penyandang autis di MI “Muhammadiyah Program Khusus Kartasura” terhadap peningkatan kemampuan berinteraksi sosialnya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi secara langsung, wawancara dengan informan untuk memberikan rincian tentang objek yang diteliti, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi, perpanjangan pengamatan serta pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini membuktikan: 1) Perencanaan pembelajaran disusun secara terstruktur di lembar Perencanaan Pembelajaran Individual (PPI). 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru terdapat: pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran yang bermacam-macam, serta kerjasama dengan guru-guru yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran untuk peserta didik autis dibagi menjadi dua yaitu penilaian hasil belajar dan penilaian perkembangan. 4) Kendala pada saat proses pembelajaran yaitu pengontrolan emosi, kefokusan peserta didik autis, serta permasalahan sensori integrasi peserta didik autis. Solusi yang dilselesaikan oleh guru dari kendala yang tertera yaitu mengontrol emosi peserta didik autis, mengembalikan kefokusan peserta didik autis serta memperbaiki hambatan sensori integrasi peserta didik autis dengan terapi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Amka, H. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Nizamia Learning Center.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.
Bagus, M. I., Fortuna, A., Ilham, M., Nura, M. H., & Padang, U. N. (2023). Performance Analysis of Student Activity Units in Human Resource Development : A Case Study of the Center for Scientific Development and Student Research. PAKAR Pendidikan, 21(1), 90–105. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.304
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57–71.
Budimansyah. (2002). Model pembelajaran dan penilaian portofolio. Genesindo.
Deria, A., Fadilah, M., Nisa, I. K., Fortuna, A., Fajriansyah, B., Salsabila, P., Mardiansyah, R., Alika, F. A., Lismita, L., & Junita, U. (2023). Effect of Project Based Learning (PJBL) Learning Model on Creative Thinking Ability of High School Biology Students: A Literature Review. PAKAR Pendidikan, 21(1), 58–64. https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.288
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., Dakhi, O., Sakti, U. E., & Padang, U. N. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan UT, 21, 51–63.
Liliek, T. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Autis Di Slb Autisma Yogasmara, Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3512
Lindner, K., & Schwab, S. (2020). Differentiation and individualisation in inclusive education : a systematic review and narrative synthesis. International Journal of Inclusive Education, 1–21. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1813450
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257.
Miles, M. B. dan A. M. H. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.
Mulyani, D. W. C., & Abidinsyah. (2021a). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Maraban. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197–216.
Mulyani, D. W. C., & Abidinsyah. (2021b). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Maraban. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197–216.
Nurlaela, L. fatra. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Keterampilan Berbicara di Era Revolusi Industri 4.0‎. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6, 1.
Roza, A., & Administrasi Pendidikan, J. (2020). Perencanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Majamen Sekolah Inklusif. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 61–69.
Siti Rahma Harahap. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837
Syaifurahman & Ujati, T. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. PT. Indeks.
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512
Uno, H. B. (2023). Perencanaan Pembelajaran. In Bumi Aksara.
Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108
Yunaini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1326

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##