Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyu Tri Prastyo
Dwiprima Elvanny Myori

Abstrak

Belum adanya metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif di SMK menyebabkan dilakukannya penelitian ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 di SMK Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain quasy experimental dengan one grouppretest-postest. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan meliputi tes dan angket.Pre-test, post-test, dan angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Analisis effect size, uji homogenitas, dan uji normalitasyang digunakanuntuk analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, terbukti bahwa siswa kelas XI TITL 1 SMKN 5 Padang menggunakan model pembelajaran TGT sangat berhasil. Nilai rata-rata pretest adalah 63,87, nilai rata-rata postest adalah 79,87, dan perhitungan analisis effect size Cohen adalah 1,73 (95,5%), menunjukkan kategori besar sejak pembelajaran TGT digunakan. Model pembelajaran TGT memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa karena dapat meningkatkan kreativitas dan semangat siswa dalam belajar.Berdasarkan hasil angket, 56% responden sangat setuju bahwa model pembelajaran TGT sangat efektif.Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa siswa menganggap model pembelajaran TGT sebagai metode pembelajaran yang menarik dan efisien yang dapat meningkatkan semangat mereka untuk belajar di mata pelajaran instalasi tenaga listrik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##