Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TITL pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Belum adanya metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif di SMK menyebabkan dilakukannya penelitian ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 di SMK Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain quasy experimental dengan one grouppretest-postest. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan meliputi tes dan angket.Pre-test, post-test, dan angket digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Analisis effect size, uji homogenitas, dan uji normalitasyang digunakanuntuk analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, terbukti bahwa siswa kelas XI TITL 1 SMKN 5 Padang menggunakan model pembelajaran TGT sangat berhasil. Nilai rata-rata pretest adalah 63,87, nilai rata-rata postest adalah 79,87, dan perhitungan analisis effect size Cohen adalah 1,73 (95,5%), menunjukkan kategori besar sejak pembelajaran TGT digunakan. Model pembelajaran TGT memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa karena dapat meningkatkan kreativitas dan semangat siswa dalam belajar.Berdasarkan hasil angket, 56% responden sangat setuju bahwa model pembelajaran TGT sangat efektif.Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa siswa menganggap model pembelajaran TGT sebagai metode pembelajaran yang menarik dan efisien yang dapat meningkatkan semangat mereka untuk belajar di mata pelajaran instalasi tenaga listrik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.