Penerapan Teknik Kolase Bahan Limbah dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Rendah di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lia Wirda
Arsan Shanie

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kreativitas siswa yang masih rendah, salah satunya tampak anak kesulitan dalam menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan saat pembelajaran. Selain itu, mereka juga kurang terampil dalam menyampaikan pendapatnya, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini dapat terlihat ketika mengerjakan tugas yang berhubungan dengan keterampilan khususnya membuat bentuk secara bebas dari teknik kolase bahan limbah. Kreativitas adalah hasil interaksi antara individu dan lingkungannya, kemampuan untuk embuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur – unsur yang sudah ada atau dikenal sebelumnya.  Penelitian  ini  bertujuan untuk  meningkatkan kreativitas siswa dengan  menggunakan  teknik  kolase menjadi karya yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1A di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh presentase 31,6% untuk kriteria anak berkembang sesuai harapan, 56,7% kriteria anak berkembang baik, 14,2% kriteria anak mulai berkembang. Pada siklus II memperoleh presentase 97,2% untuk kriteria anak berkmebang sangat baik, 44,9% kriteria anak berkembang baik dan 3,2% kriteria anak masih berkembang. Dari hasil tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa kreativitas mengalami peningkatan setelah dilakukan kegiatan kolase menggunan bahan alam, bahan kertas yang memberikan kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##