Penerapan Teknik Kolase Bahan Limbah dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Rendah di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kreativitas siswa yang masih rendah, salah satunya tampak anak kesulitan dalam menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan saat pembelajaran. Selain itu, mereka juga kurang terampil dalam menyampaikan pendapatnya, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini dapat terlihat ketika mengerjakan tugas yang berhubungan dengan keterampilan khususnya membuat bentuk secara bebas dari teknik kolase bahan limbah. Kreativitas adalah hasil interaksi antara individu dan lingkungannya, kemampuan untuk embuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur – unsur yang sudah ada atau dikenal sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan teknik kolase menjadi karya yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1A di MI Tarbiyatul Khoirot Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh presentase 31,6% untuk kriteria anak berkembang sesuai harapan, 56,7% kriteria anak berkembang baik, 14,2% kriteria anak mulai berkembang. Pada siklus II memperoleh presentase 97,2% untuk kriteria anak berkmebang sangat baik, 44,9% kriteria anak berkembang baik dan 3,2% kriteria anak masih berkembang. Dari hasil tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa kreativitas mengalami peningkatan setelah dilakukan kegiatan kolase menggunan bahan alam, bahan kertas yang memberikan kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.