PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GRADING JURUSAN BUSANA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Weni Nelmira

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa CD Interaktif pembelajaran Grading dalam bentuk compact disk (CD Interaktif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R & D) dengan desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model four D (4-D models), terdiri dari tahap pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Prosedur pengembangan produk mencakup uji validasi, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil uji validasi media CD Interaktif yang dinilai oleh validator dengan tiga kriteria yaitu  syarat didaktik, syarat konstruksi dan syarat teknis dengan rata-rata 93 %  dengan kategori sangat valid. Berdasarkan uji validitas, maka  media CD Interaktif Grading ini telah valid dan dapat digunakan. Praktikalitas media CD Interaktif oleh mahasiswa dinilai sangat praktis (94,58 %). Jadi media CD Interaktif mudah digunakan, menarik, jelas dan menimbulkan minat pada pembelajaran Grading. Efektivitas media CD Interaktif dapat dinilai sangat efektif dimana terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebanyak 17,69%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Grading dengan menggunakan media CD Interaktif dapat membantu memaksimalkan proses dan hasil belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nelmira, W. (2014). PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GRADING JURUSAN BUSANA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. PAKAR Pendidikan, 12(2), 188-196. Retrieved from http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/147

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.