PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GRADING JURUSAN BUSANA UNIVERSITAS NEGERI PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa CD Interaktif pembelajaran Grading dalam bentuk compact disk (CD Interaktif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R & D) dengan desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model four D (4-D models), terdiri dari tahap pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Prosedur pengembangan produk mencakup uji validasi, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil uji validasi media CD Interaktif yang dinilai oleh validator dengan tiga kriteria yaitu syarat didaktik, syarat konstruksi dan syarat teknis dengan rata-rata 93 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan uji validitas, maka media CD Interaktif Grading ini telah valid dan dapat digunakan. Praktikalitas media CD Interaktif oleh mahasiswa dinilai sangat praktis (94,58 %). Jadi media CD Interaktif mudah digunakan, menarik, jelas dan menimbulkan minat pada pembelajaran Grading. Efektivitas media CD Interaktif dapat dinilai sangat efektif dimana terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebanyak 17,69%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Grading dengan menggunakan media CD Interaktif dapat membantu memaksimalkan proses dan hasil belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.