Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Model Pembelajaran NHTW Berbasis Aplikasi STORYBOARD Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas dengan model pembelajaran NHTW melalui media storyboard . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan metode tersebut penulis berupaya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi menulis puisi serta pemahaman siswa tentang model dan media pembelajaran. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates (matching pretest-posttest control group desain). Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes Kemampuan Menulis Puisi siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Kahu kelas VII.C terdiri atas dua kelas, masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan model dan media pembelajaran perbandingan pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan. Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa media storyboard memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran NHTW perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VII.D SMP Negeri 1 Kahu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHTW (A1) dan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran storyboard (A2), dengan menerapkan model pembelajaran NHTW (Numbered, Head, Together, Write) dan media storyboard dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII.C SMP Negeri 1 Kahu.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
[2] Lindra, D., L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SDN 1 Midang Tahun Ajaran 2018/2019, Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 5, 2656-6745.
[3] Mia, W. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Berorientasi Majas Perbandingan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Wistar, vol. II, no. 2, 154-167.
[4] Dian R., Lazuardi, S., M. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestik), Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), vol. 2, no. 1, 2597-5218.
[5] Anik, K., V., TeguH, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 2, 2579-9037.
[6] Habibi, M., C., Nana, F., Azima,. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Sebagai Upaya Mewujudkan Literasi Sastra DI sekolah Dasae. ESJ (Elementary School Journal), vol 9, no. 1, 2355-1747.
[7] Erlinda., S., Ayu, L., T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model CIRC Kelas V SD Negeri 104247 Tanjung Mulia T.A 2017/2018. ESJ (Elementary School Journal), vol 9, no. 1, 2355-1747.
[8] Abdul, H., I., M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium STKIP Muhammadiyah Sorong Pulau. Jurnal Pendidikan, vol 8, no. 1, 2337-7593.
[9] Meliyawati, Lina. (2020). Pengaruh Metode The Silent Way Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Literasi, vol 1, no. 1, 2684 - 9178.
[10] Titi, B., R. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, vol 10, no. 1, 2089- 3876.
[11] Putri, D., A., S., A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan Kemampuan menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol 4, No 7, 53-62.
[12] Rohani, S. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sojol. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 04, No 01, 25-31.
[13] Dian, A., D. (2016). Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa. Vol 1 No.2. 25-32
[14] Andewi, K., Wibawa., I., M., C,. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 1 , No 2. 59-66.
[15] A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, Darnawati, and D. Darmawan, “The Effect of REACE (Relating, Exploring, Applying, Cooperating and Evaluating) Learning Model Toward the Understanding of Mathematics Concept,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1028, pp. 1–9, 2019. DOI: 10.1088/1742-6596/1028/1/012145
[16] A. S. A. Nur, A. M. I. T. Asfar, Ruhni, and A. Nurliah, “Building Students’ Analysis through the Application of GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) Models with Lontara Bilingual Applications based on Android,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 227, pp. 233–236, 2019. DOI: 10.2991/icamr-18.2019.58
[17] A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, A. Kurnia, and A. H. Asfar, “Efektivitas Model Pembelajaran RICH (Relating, Inquiring, Collaborating, Hiring) terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019, pp. 195–199.
[18] A. M. I. T. Asfar, Asmawaty, A. M. I. A. Asfar, and A. Nursyam, “Mathematical Concept Understanding: the Impact of Integrated Learning Model,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 211–222, 2019.
[19] OECD, PISA 2018 Result: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing, 2019.
[20] A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, Aspikal, and Nurwijaya, “Efektivitas Case based Learning (CBL) Disertai Umpan Balik terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” Histogram J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 29–45, 2019. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index
[21] A. Nurannisa, A. M. I. T. Asfar, and A. M. I. A. Asfar, “Learning Design Based on Local Wisdom Maddawa-dawa, Mammanu-manu and Mappettuada,” JTAM (Jurnal Teor. dan Apl. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 214–223, 2020. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2849
[22] N. Hana, Surahmat, and A. H. Fathani, “Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Melalui Model Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID) pada Materi Koordinat Kartesius,” JP3, vol. 14, no. 7, pp. 115–122, 2019.
[23] A. Prihandhika, “Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran React dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Siswa SMKN 39 Jakarta,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2017.