Dukungan Sosial & Student Well-Being pada Siswa yang Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rifky Ilham Pratama

Abstract

Situasi pandemi covid-19 telah memaksa adanya peralihan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah ke proses pembelajaran jarak jauh di rumah. situasi tersebut memberi dampak negatif bagi kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Subjek terdiri atas 55 siswa sekolah menengah atas dan sederajat yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. pengumpulan data menggunakan skala multidimensional scale of perceived social support (MSPSS) dan skala kesejahteraan siswa. Hasil analisis data menggunakan pearson product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,081 (p > 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial terhadap student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. namun, pada aspek dukungan sosial yang bersumber dari keluarga, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. sedangkan pada aspek dukungan sosial dari teman dan signicant others tidak terdapat hubungan yang signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, R. (2021). Dukungan Sosial & Student Well-Being pada Siswa yang Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh. PAKAR Pendidikan, 18(2), 8-20. https://doi.org/10.24036/pakar.v18i2.196

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.