Dukungan Sosial & Student Well-Being pada Siswa yang Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Situasi pandemi covid-19 telah memaksa adanya peralihan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah ke proses pembelajaran jarak jauh di rumah. situasi tersebut memberi dampak negatif bagi kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Subjek terdiri atas 55 siswa sekolah menengah atas dan sederajat yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. pengumpulan data menggunakan skala multidimensional scale of perceived social support (MSPSS) dan skala kesejahteraan siswa. Hasil analisis data menggunakan pearson product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,081 (p > 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial terhadap student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. namun, pada aspek dukungan sosial yang bersumber dari keluarga, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap student well-being pada siswa yang menghadapi pembelajaran jarak jauh. sedangkan pada aspek dukungan sosial dari teman dan signicant others tidak terdapat hubungan yang signifikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.