Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Talempong Asal Minangkabau sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jamaluddin Ashari

Abstract

Talempong merupakan salah satu alat musik khas Minangkabau, sebagai warisan budaya talempong tidak hanya berfungsi sebagai alat musik, namun juga sebagai media pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep matematika pada alat musik talempong, sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. Jenis Penelitian ini adalah deskrpitif kuantitatif yang bersifat eksploratif terhadap alat musik talempong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep bangun datar yaitu lingkaran dan trapesium. Konsep bangun ruang yaitu tabung dan bola, serta konsep barisan aritmatika dari penjabaran konsep bangun datar dan bangun ruang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ashari, J. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Talempong Asal Minangkabau sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika. PAKAR Pendidikan, 20(2), 77-85. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.242

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.