Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Talempong Asal Minangkabau sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jamaluddin Ashari

Abstract

Talempong merupakan salah satu alat musik khas Minangkabau, sebagai warisan budaya talempong tidak hanya berfungsi sebagai alat musik, namun juga sebagai media pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep matematika pada alat musik talempong, sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. Jenis Penelitian ini adalah deskrpitif kuantitatif yang bersifat eksploratif terhadap alat musik talempong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep bangun datar yaitu lingkaran dan trapesium. Konsep bangun ruang yaitu tabung dan bola, serta konsep barisan aritmatika dari penjabaran konsep bangun datar dan bangun ruang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ashari, J. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Talempong Asal Minangkabau sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika. PAKAR Pendidikan, 20(2), 77-85. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.242

References

Adam, Boestanul Arifin. 1968/1987. “Talempong Musik Tradisi Minangkabau Padang Panjang.” Solo: Akademi Seni Karawitan Indonesia.
Adioetomo, Sri Moertiningsih. 2005. Bonus Demografi : Hubungan antara Pertumbuhan Penduduk dengan Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta : BKKBN
Astri Wahyuni, Ayu Aji W T, & Budiman Sani. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa, makalah dipresentasikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika dengan tema “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik” pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
D’Ambrosio, U. 1994. Cultural framing of mathematics teaching and learning’, in R. Biehler, R.W. Scholz, R. Sträßer and B. Winklelmann (eds.). Didactics of Mathematics as a Scientific Discipline. Australia :Kluwer Academic Publishers
Lubis, Sofia I,dkk. 2018. Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Jurnal RPM 1(2). 1-10.
Mujib, A. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah KalkuluS II. Jurnal Mosharafa, 6(2), 181-192.
Nursyirwan. 2011. “Varian Teknik Penalaan Talempong Logam di Minangkabau”. Disertasi untuk Memperoleh Derajat Doktor pada Program Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta: UGM Yogyakarta.
Sofyana, A., Asmara, R. A., & Ririd, A. R. T. H. 2016. Pengenalan Bangun Datar Untuk Pembelajaran Taman Kanak–Kanak Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. In Seminar Informatika Aplikatif Polinema.
Supriadi, M. P. 2013. Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD, makalah seminar nasional. Pendidikan Matematika SPS UPI.
Tulus Handra Kadir, 1993. Teknik Interlocking Dalam Gaya Permainan Talempong Minangkabau Di desa Kubang Pipik Kecamatan Baso Kabupaten Agam Propinsi Sumatra Barat. Skripsi S1. Fakultas Sastra. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Umaroh, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dengan Strategi Team Quiz Berbantu Media Tiga Dimenasi Siswa Kelas V Semester II MI Ma'arif Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Wardono. 2013. Peningkatan Literasi Matematika Melalui Pembelajaran Inovatif Berpenilaian Programme For International Student Assessment. In Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Semarang.
Yunus, Ahmad Najir. 1985. Pengatar Sejarah dan kebudayaan. Padang Panjang: Aski.
Zusmelia, Z., & Ariesta, A. (2016). Matematika Dalam Perspektif Indegenous People Dan Indegenous Knowledge (Kasus Pada Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.