Permasalahan dan Urgensi Bimbingan dan Konseling pada Pembelajaran Jarak Jauh di Banjarmasin
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dalam menghadapi disrupsi ganda akibat pandemi dan perkembangan IT, sekolah dituntut untuk mengoptimalkan Pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ menyisakan persoalan yang kompleks dalam proses pembelajaran dan permasalahan psikologis peserta didik dan guru. Bimbingan dan Konseling (BK) berperan strategis menangani masalah ini, namun juga terkendala dalam memberikan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan layanan BK, 2) menjelaskan kendala dan 3) solusi yang ditemukan guru BK selama kegiatan PJJ. Penelitian ini berjenis field research dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek 16 orang guru BK di SMP dan Mts, SMA dan MAN, dan SMK dari sekolah negeri dan swasta di Kota Banjarmasin. Penelitian menghasilkan kesimpulan umum, meliputi 1) Layanan BK difokuskan pada layanan belajar dan pribadi. Layanan BK dan komunikasi dilakukan secara online, pembuatan konten layanan bermedia menggantikan layanan face to face, namun di beberapa sekolah layanan home visit justru meningkat. 2) Guru BK mengalami kendala dalam keterbatasan waktu layanan dan komunikasi dengan peserta didik, keterbatasan penguasaan IT, kuota data internet, serta beban kerja yang semakin bertambah selama PJJ. 3) Permasalahan yang belum terselesaikan diatasi dengan melakukan pendekatan secara personal dengan peserta didik, berkomunikasi dan berdiskusi dengan organisasi guru BK dan belajar menggunakan IT dan media sosial secara online. Sebagai rekomendasi, sekolah, organisasi guru BK dan pemerintah perlu untuk merumuskan dan mengimplementasikan format strategis layanan BK selama pandemi meliputi satuan layanan terstandar, pembuatan aplikasi terintegrasi yang lebih memudahkan guru BK melakukan layanan yang terintegrasi dengan kegiatan PJJ serta pelatihan penguasaan IT dan keterampilan pemberian layanan BK secara online.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
[2] Aisa, A. (2020). Layanan Cybercounseling pada Masa Pandemi Covid-19. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2. https://doi.org.10.1905/ec.1i2.3715
[3] Anonim (2020, Mei, 29). Kemdikbud Terbitkan Kemdikbud.co.id Kemdikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
[4] Bona, M. F. (2020. November 13). Survei: 56 Persen Orang Tua Jenuh Mendampingi Anak PJJ. Berita Satu.com https://www.beritasatu.com/nasional/698037/survei-56-persen-orang-tua-jenuh-mendampingi-anak-pjj
[5] Charismiadji, I. (2020, April 1). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. detiknews. https://m.detik.com/news/kolom/d-4960969-mengelola-pembelajaran-daring-yang-efektif
[6] Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Eductech, Vol. 16 No. 2.
[7] Fauzi, Z. dkk (2021) Upaya Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur :Berbeda, Bermakna, Mulia Tersedia Online: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR p-ISSN. 2460-9722e-ISSN. 2622-8297
[8] Fey/Fra. (2020, April 27). Survei KPAI: Guru Tak Interaktif selama Belajar dari Rumah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200427160228-20-497716/survei-kpai-guru-tak-interaktif-selama-belajar-dari-rumah
[9] Kasih, A.P. (2020, Juni 24. Survai UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. http://kmp.im/AGAHmn
[10] Korompot, S. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Pandemi COVID-19 [Prosiding]. Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi COVID-19 di Berbagai Setting Pendidikan, Malang.
[11] Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa terdampak Social Distancing Akibat Covid-19. Jurnal Al-Mauizhoh, Vol. 2 No. 2.
[12] MUSDALIFAH, Ana. MEDIA DARING LAYANAN BK DI MASA PANDEMI COVID-19. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 109-113, mar. 2021. ISSN 2541-206X. Tersedia pada:
[13] Pratiwi, B. A. I., Muhid, A., & Nasiroh, S. A. (2021). Literatur Review: Layanan Cyber Counseling pada Siswa Saat Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), Vol. 6 No. 1, 1223–1228.
[14] Permatasari, Yuli, dkk (2021). Inovasi Layanan BK Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Taujih. Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 7 No. 1 DOI: https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2921
[15] Putra, M. A., dan Shofaria N. Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19.
[16] Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu (Research and Learning in Elementary School), Vol. 4 No. 4.
[17] Rokhyani, Esty (2021) INOVASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(1), 20-40. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v2i1.95
[18] Setyaningrum, W., & Yanuarita, H. A. (2020). Pengaruh COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 4 No. 4.
[19] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Cetakan ke 26). Alfabeta.
[20]Tohirin, T. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrah (Berbasis Integrasi). Rajawali Press.