Permasalahan dan Urgensi Bimbingan dan Konseling pada Pembelajaran Jarak Jauh di Banjarmasin

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Helma Nuraini
Aina Rosyida

Abstract

Dalam menghadapi disrupsi ganda akibat pandemi dan perkembangan IT, sekolah dituntut untuk mengoptimalkan Pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ menyisakan persoalan yang kompleks dalam proses pembelajaran dan permasalahan psikologis peserta didik dan guru. Bimbingan dan Konseling (BK) berperan strategis menangani masalah ini, namun juga terkendala dalam memberikan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan layanan BK, 2) menjelaskan kendala dan 3) solusi yang ditemukan guru BK selama kegiatan PJJ. Penelitian ini berjenis field research dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek 16 orang guru BK di SMP dan Mts, SMA dan MAN, dan SMK dari sekolah negeri dan swasta di Kota Banjarmasin. Penelitian menghasilkan kesimpulan  umum, meliputi 1) Layanan BK difokuskan pada layanan belajar dan pribadi. Layanan BK dan komunikasi dilakukan secara online, pembuatan konten layanan bermedia menggantikan layanan face to face, namun di beberapa sekolah layanan home visit justru meningkat. 2) Guru BK mengalami kendala dalam keterbatasan waktu layanan dan komunikasi dengan peserta didik, keterbatasan penguasaan IT, kuota data internet, serta beban kerja yang semakin bertambah selama PJJ. 3) Permasalahan yang belum terselesaikan diatasi dengan melakukan pendekatan secara personal dengan peserta didik, berkomunikasi dan berdiskusi dengan organisasi guru BK dan belajar menggunakan IT dan media sosial secara online. Sebagai rekomendasi, sekolah, organisasi guru BK dan pemerintah perlu untuk merumuskan dan mengimplementasikan format strategis layanan BK selama pandemi meliputi satuan layanan terstandar, pembuatan aplikasi terintegrasi yang lebih memudahkan guru BK melakukan layanan yang terintegrasi dengan kegiatan PJJ serta pelatihan penguasaan IT dan keterampilan pemberian layanan BK secara online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nuraini, H., & Rosyida, A. (2022). Permasalahan dan Urgensi Bimbingan dan Konseling pada Pembelajaran Jarak Jauh di Banjarmasin. PAKAR Pendidikan, 20(2), 27-37. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.249

References

[1] Afdillah, I., H., Hidayah, N., & Lasan, B., B. (2020). A Literature Review: The Role of School Counselor Developing Spritual Intelligences in The Pandemic Era (COVID-19): Based on Learning. Jurnal Konselor, Vol. 9 No. 4, 153–165. https://doi.org/10.24036/0202093/09050-0-00
[2] Aisa, A. (2020). Layanan Cybercounseling pada Masa Pandemi Covid-19. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2. https://doi.org.10.1905/ec.1i2.3715
[3] Anonim (2020, Mei, 29). Kemdikbud Terbitkan Kemdikbud.co.id Kemdikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
[4] Bona, M. F. (2020. November 13). Survei: 56 Persen Orang Tua Jenuh Mendampingi Anak PJJ. Berita Satu.com https://www.beritasatu.com/nasional/698037/survei-56-persen-orang-tua-jenuh-mendampingi-anak-pjj
[5] Charismiadji, I. (2020, April 1). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. detiknews. https://m.detik.com/news/kolom/d-4960969-mengelola-pembelajaran-daring-yang-efektif
[6] Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Eductech, Vol. 16 No. 2.
[7] Fauzi, Z. dkk (2021) Upaya Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur :Berbeda, Bermakna, Mulia Tersedia Online: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR p-ISSN. 2460-9722e-ISSN. 2622-8297
[8] Fey/Fra. (2020, April 27). Survei KPAI: Guru Tak Interaktif selama Belajar dari Rumah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200427160228-20-497716/survei-kpai-guru-tak-interaktif-selama-belajar-dari-rumah
[9] Kasih, A.P. (2020, Juni 24. Survai UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. http://kmp.im/AGAHmn
[10] Korompot, S. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Pandemi COVID-19 [Prosiding]. Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi COVID-19 di Berbagai Setting Pendidikan, Malang.
[11] Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa terdampak Social Distancing Akibat Covid-19. Jurnal Al-Mauizhoh, Vol. 2 No. 2.
[12] MUSDALIFAH, Ana. MEDIA DARING LAYANAN BK DI MASA PANDEMI COVID-19. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 109-113, mar. 2021. ISSN 2541-206X. Tersedia pada: . Tanggal Akses: 07 nov. 2021 doi:http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.109-113.
[13] Pratiwi, B. A. I., Muhid, A., & Nasiroh, S. A. (2021). Literatur Review: Layanan Cyber Counseling pada Siswa Saat Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), Vol. 6 No. 1, 1223–1228.
[14] Permatasari, Yuli, dkk (2021). Inovasi Layanan BK Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Taujih. Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 7 No. 1 DOI: https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2921
[15] Putra, M. A., dan Shofaria N. Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19.

[16] Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu (Research and Learning in Elementary School), Vol. 4 No. 4.
[17] Rokhyani, Esty (2021) INOVASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(1), 20-40. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v2i1.95
[18] Setyaningrum, W., & Yanuarita, H. A. (2020). Pengaruh COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol. 4 No. 4.
[19] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Cetakan ke 26). Alfabeta.
[20]Tohirin, T. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrah (Berbasis Integrasi). Rajawali Press.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.