Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Arif Wicagsono

Abstract

Guru era revolusi industri 4.0 diharapkan mempunyai kemampuan literasi digital yang baik. Kerangka National Educational Technology Standarts (NETS) mempunyai standar guru era revolusi industri 4.0. Pertama, guru sanggup memberikan fasilitas, menginspirasi, kreatif, serta memadukan teknologi digital. Kedua, guru mempunyai kemampuan untuk mendesain dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan teknologi dan informasi. Ketiga, guru memberikan contoh sebagai warga digital yang bertanggung jawab. Keempat, guru mempunyai kewajiban secara berkesinambungan dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Peningkatan literasi digital guru era revolusi Industri 4.0 dapat dilakukan dengan program pelatihan dan pendidikan, program workshop, seminar dan webinar, program MGMP, program supervisi, pemberian penghargaan, peningkatan literasi digital, pelatihan IT, serta pemberian tugas tambahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, adapun Objek penelitian ini adalah strategi peningkatan kompetensi literasi digital guru era revolusi industri 4.0 SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi peningkatan kompetensi literasi digital guru era revolusi industri 4.0 SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakartadilaksanakan dengan berbagai program pendidikan, pelatihan, seminar, supervisi, MGMP, kajian ilmiah, pelatihan tahsin, tajwid dan tahfidz, kajian keislaman lewat kajian guru, kajian PDM maupun PCM, pelatihan desain grafis dalam mendesain media pembelajaran, pelatihan pemanfaatan aplikasi pembelajaran berbasis IT.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wicagsono, M. (2022). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. PAKAR Pendidikan, 20(2), 50-64. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i2.252

References

Agustini, D., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10967
Ali, M. (2017). Paradigma Pendidikan Berkemajuan (Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH. Ahmad Dahlan). Suara Muhammadiyah.
Antonius. (2016). Buku Pedoman Guru. Yrama Widya.
Asfiati. (2020). Redesign Pembelajaran PAI menuju revolusi industry 4.0,. Kencana.
Danumiharja, M. (2014). Profesi Tenaga Kependidikan. Deeplusing.
Darmadi. (2020). Guru Abad 21. Guetedia.
Elfahmi, R. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 3 Seunagan. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, VII(2), 45–52. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/536
Junaedi, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di era revolusi industry 4.0. Laksana.
Made, N., Erna, A., Ria, T., & Astajaya, I. K. M. (2021). Upaya-Upaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 19, 106–123.
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 5(2), 102–109.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Rosiyanah, S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Situs Jejaring Sosial Edmodo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 487–506. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.367
Sajidan. (2018). Stimulasi Ketrampilan berfikir tingkat tinggi (konsep dan implementasi dalam pembelajaran abad 21).
Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 421–442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Deeplusing.
Susanto, A. (2016). Manajeman Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan implementasi). Prenada.
Suyanto. (2018). Menjadi Guru Profesional (Strategi Peningkatan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Erlangga.
Tokan, R. I. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia (Human Quotient Resource). : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2, 1073–1085. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2668
Zuhaeriah, Z., Ali, M., & Yusra, Y. (2020). The Role of Islamic Education Teachers Competency in Improving the Quality of Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 108–130. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss1.15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.