Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Guru Era Revolusi Industri 4.0 di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Guru era revolusi industri 4.0 diharapkan mempunyai kemampuan literasi digital yang baik. Kerangka National Educational Technology Standarts (NETS) mempunyai standar guru era revolusi industri 4.0. Pertama, guru sanggup memberikan fasilitas, menginspirasi, kreatif, serta memadukan teknologi digital. Kedua, guru mempunyai kemampuan untuk mendesain dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan teknologi dan informasi. Ketiga, guru memberikan contoh sebagai warga digital yang bertanggung jawab. Keempat, guru mempunyai kewajiban secara berkesinambungan dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Peningkatan literasi digital guru era revolusi Industri 4.0 dapat dilakukan dengan program pelatihan dan pendidikan, program workshop, seminar dan webinar, program MGMP, program supervisi, pemberian penghargaan, peningkatan literasi digital, pelatihan IT, serta pemberian tugas tambahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, adapun Objek penelitian ini adalah strategi peningkatan kompetensi literasi digital guru era revolusi industri 4.0 SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi peningkatan kompetensi literasi digital guru era revolusi industri 4.0 SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakartadilaksanakan dengan berbagai program pendidikan, pelatihan, seminar, supervisi, MGMP, kajian ilmiah, pelatihan tahsin, tajwid dan tahfidz, kajian keislaman lewat kajian guru, kajian PDM maupun PCM, pelatihan desain grafis dalam mendesain media pembelajaran, pelatihan pemanfaatan aplikasi pembelajaran berbasis IT.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Ali, M. (2017). Paradigma Pendidikan Berkemajuan (Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH. Ahmad Dahlan). Suara Muhammadiyah.
Antonius. (2016). Buku Pedoman Guru. Yrama Widya.
Asfiati. (2020). Redesign Pembelajaran PAI menuju revolusi industry 4.0,. Kencana.
Danumiharja, M. (2014). Profesi Tenaga Kependidikan. Deeplusing.
Darmadi. (2020). Guru Abad 21. Guetedia.
Elfahmi, R. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 3 Seunagan. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, VII(2), 45–52. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/536
Junaedi, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di era revolusi industry 4.0. Laksana.
Made, N., Erna, A., Ria, T., & Astajaya, I. K. M. (2021). Upaya-Upaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 19, 106–123.
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 5(2), 102–109.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Rosiyanah, S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Situs Jejaring Sosial Edmodo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 487–506. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.367
Sajidan. (2018). Stimulasi Ketrampilan berfikir tingkat tinggi (konsep dan implementasi dalam pembelajaran abad 21).
Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 421–442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Deeplusing.
Susanto, A. (2016). Manajeman Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan implementasi). Prenada.
Suyanto. (2018). Menjadi Guru Profesional (Strategi Peningkatan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Erlangga.
Tokan, R. I. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia (Human Quotient Resource). : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2, 1073–1085. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2668
Zuhaeriah, Z., Ali, M., & Yusra, Y. (2020). The Role of Islamic Education Teachers Competency in Improving the Quality of Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 108–130. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss1.15