IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) AT GRADE XII TKJ 1 (TECHNOLOGY AND COMPUTER NETWORK SKILL PROGRAM) OF SMK NEGERI 1 KOTA SOLOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penguasaan terhadap bahasa Inggris terutama keterampilan membaca pada masa sekarang ini, merupakan suatu keharusan bagi setiap individu. Hal ini disebabkan karena dengan membaca setiap orang dapat dengan mudah mengakses dan menyerap berbagai informasi untuk menambah pengetahuan. Rendahnya kemampuan membaca pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Solok, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengaplikasikan metode STAD. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada siswa kelas 12 jurusan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ 1) yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan seberapa luas STAD dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dan faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa: (1) STAD mampu meningkatkan pemahamam membaca siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Solok kelas 12 jurusan TKJ 1, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahamam membaca tersebuat adalah materi yang relevan dengan pengetahuan siswa, media yang sesuai, aktifitas kelas, manajemen kelas, pendekatan mengajar, strategi guru, dan penghargaan yang diberikan guru kepada siswa. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan dan masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam pembelajaran membaca.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.