Pengaruh Pendidikan Perempuan dan ICT terhadap Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan di Negara Anggota OKI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Negara anggota OKI dihadapkan oleh tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan yang rendah beberapa dekade terakhir, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pendidikan, fertilitas, pendapatan, norma, dan budaya. Salah satu strategi untuk meningkatkan partisipasi ini adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan perempuan serta pemanfaatan ICT, khususnya internet. Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) didefinisikan sebagai perpaduan berbagai sektor, terutama dalam bidang jasa dan manufaktur, yang kegiatannya melibatkan pengiriman, pengambilan, atau penyampaian informasi dan data secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan yang dimoderasi oleh pemanfaatan ICT, khususnya internet terhadap partisipasi angkatan kerja perempuan di negara anggota OKI yang berpendapatan tinggi dan rendah, dengan memanfaatkan data sekunder dari tahun 2008 sampai dengan 2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan panel data dengan estimasi fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ICT berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi angkatan kerja perempuan yang didorong oleh pendidikan perempuan dan financial development yang bagus di negara anggota OKI berpendapatan tinggi. Sementara di negara OKI berpendapatan rendah, pendidikan belum mampu mendorong peranan ICT untuk meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan. Di negara anggota OKI berpendapatan rendah ICT dengan dorongan financial development yang bagus mampu meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan. Negara anggota OKI perlu meningkatkan investasi pada akses dan infrastruktur ICT, terutama di negara berpendapatan rendah, serta memperbaiki kualitas pendidikan dan pengembangan keuangan untuk mendukung pemanfaatan ICT dalam mendorong partisipasi angkatan kerja perempuan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
