Pengaruh Pendidikan Perempuan dan ICT terhadap Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan di Negara Anggota OKI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farid Husein
Tika Arundina Aswin

Abstrak

Negara anggota OKI dihadapkan oleh tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan yang rendah beberapa dekade terakhir, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pendidikan, fertilitas, pendapatan, norma, dan budaya. Salah satu strategi untuk meningkatkan partisipasi ini adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan perempuan serta pemanfaatan ICT, khususnya internet. Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) didefinisikan sebagai perpaduan berbagai sektor, terutama dalam bidang jasa dan manufaktur, yang kegiatannya melibatkan pengiriman, pengambilan, atau penyampaian informasi dan data secara elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan yang dimoderasi oleh pemanfaatan ICT, khususnya internet terhadap partisipasi angkatan kerja perempuan di negara anggota OKI yang berpendapatan tinggi dan rendah, dengan memanfaatkan data sekunder dari tahun 2008 sampai dengan 2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan panel data dengan estimasi fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ICT berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi angkatan kerja perempuan yang didorong oleh pendidikan perempuan dan financial development yang bagus di negara anggota OKI berpendapatan tinggi. Sementara di negara OKI berpendapatan rendah, pendidikan belum mampu mendorong peranan ICT untuk meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan. Di negara anggota OKI berpendapatan rendah ICT dengan dorongan financial development yang bagus mampu meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan. Negara anggota OKI perlu meningkatkan investasi pada akses dan infrastruktur ICT, terutama di negara berpendapatan rendah, serta memperbaiki kualitas pendidikan dan pengembangan keuangan untuk mendukung pemanfaatan ICT dalam mendorong partisipasi angkatan kerja perempuan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##