Model Challenge Based Learning berbasis Kahoot: Strategi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana paradigma pembelajaran berbasis tantangan yang dipadukan dengan media interaktif, seperti Kahoot, memengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa kelas empat SD Negeri Kradenan yang memanfaatkan media interaktif Kahoot untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka menjadi populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol non-Ekuivalen dan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV SD Negeri Kradenan yang dijadikan kelas eksperimen dengan n = 17. Sebagai kelas eksperimen, SD Negeri Kradenan memiliki 17 siswa yang menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Tantangan dengan penggunaan media interaktif Kahoot, sedangkan kelompok kontrol juga memiliki 17 siswa yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif. Soal uraian yang menggabungkan unsur-unsur berpikir kritis melalui uji validitas dan reliabilitas berfungsi sebagai alat penelitian melalui temuan uji validitas dan reliabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kedua kelas berbeda secara signifikan dalam cara yang baik. Dengan menggunakan media interaktif Kahoot, model pembelajaran berbasis tantangan digunakan. dianggap memiliki dampak signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan analisis uji N-Gain, yang mengungkapkan 69% (dari 56-75%), menunjukkan hal ini. Temuan studi menunjukkan seberapa baik pendekatan Pembelajaran Berbasis Tantangan, dikombinasikan dengan media Kahoot, meningkatkan pendidikan dasar dengan memupuk kerja sama tim, dinamika pembelajaran, dan kapasitas siswa untuk berpikir kritis
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
PAKAR Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
PAKAR Pendidikan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in INVOTEK Journal in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of PAKAR Pendidikan Journal are required to cite the original source, including the author's name, PAKAR Pendidikan Journal as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI);
(2) Authors grant PAKAR Pendidikan the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Privacy Statement
The names, email addresses, and affiliations entered in this journal site will be used exclusively for the stated purpose of providing readers professional access to the authors whose articles are published by the journal. No other information is collected, and will not be made available for any other purpose or to any other party.
Referensi
Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7943
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388
Caiman, C., & Jakobson, B. (2024). A methodology to analyze students’ intertwined speech and drawings—Aesthetic experiences in science education. Journal of Research in Science Teaching, April 2023, 2444–2467. https://doi.org/10.1002/tea.21966
Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Fairazatunnisa, F., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702
Fitriya, D., Amaliyah, A., Pujianti, P., & Fadhillahwati, N. fauziah. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 3(5), 362–366. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366
Ruiz-Cantisani, M. I., Lara-Prieto, V., García-García, R., & Membrillo-Hernández, J. (2024). Developing Transversal (Soft) Competencies in Higher Education Engineering Students: the role of the Training Partners in the Challenge-Based Learning Model. Proceedings of the LACCEI International Multi-Conference for Engineering, Education and Technology, 1–6. https://doi.org/10.18687/LACCEI2024.1.1.1898
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3867
Manongga, A. (2021). Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1041
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Mukarromah, M., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13176
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907
Nur’ariyani, S., Jumyati, J., Yuliyanti, Y., Nulhakim, L., & Leksono, S. M. (2023). Scientific Approach to Learning Science in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6659–6666. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3680
Nurhayati, H., Handayani, L., & Wdiarti, N. (2023). Keefektifan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1716–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5384
Portuguez Castro, M., & Gómez Zermeño, M. G. (2020). Challenge based learning: Innovative pedagogy for sustainability through e-learning in higher education. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/SU12104063
Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 211–216. https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5685
Prihatini, N. W., Dewi, S. M., & DS, Y. N. (2024). Analisis Penggunaan Media Kahoot dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 4429–4435. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1207
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141–160. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546
Rahmadhani, G. F., Satyani, E. A., Suprobo, P. W., Sari, R. U. P. K., & Setiawan, R. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Digital & Media Konvensional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al-Azhar 7 Solo Baru. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 171–178.
Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Rahmatillah, C. R., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Bahan Ajar dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMA: Prosding Seminar Nasional Matematika, 6, 40–46. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66692
Lubis, N., Mutiara, M., Asriani, D., Sakila, R., & Saftina, S. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–123. https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1380
Sardi, A., Palimari, & Rahmayani, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Challenge Based Learning. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(2), 70–85. https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i2.31
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Sarwanto, Fajari, L. E. W., & Chumdari, C. (2021). Critical Thinking Skills and Their Impacts on Elementary School Students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161–187. https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.6
Utomo, I. S., & Hardini, A. T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9978–9985. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2495
Viona, V. O., Junaedi, I., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 557–565. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66789
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers and Education, 149(May 2019), 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818
Wicaksono, A. G. (2020). Systematic Review Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 65–76. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10822
Widyaningrum, B. W. (2019). The Use of Kahoot! as Formative Assessment in Education. Indonesian Journal of English Language Studies (IJELS), 5(2), 78–84. https://doi.org/10.24071/ijels.v5i2.2862
Yuanita, Y., & Yuniarita, F. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 139. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6608
