Transformasi Pendidikan di Era Digital: Dampak, Tantangan, dan Peluang dalam Dinamika Pembelajaran Mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nandita Suri Hapsari
Suranto Suranto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak transformasi pendidikan di era digital terhadap mahasiswa selama proses pembelajaran dan dinamika pendidikan di tingkat universitas. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data yang dikumpulkan dari wawancara dan observasi akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis tematik, yang mengidentifikasi, menganalisis dan melaporkan pola-pola yang relevan atau tema-tema utama yang berkaitan dengan tantangan dan peluang yang dihadapi mahasiswa dalam transformasi pendidikan. Analisis tematik dilakukan secara interaktif, dengan data yang dikelompokkan ke dalam kategori-kategori tematik untuk mengidentifikasi hubungan dan pola utama yang berkaitan dengan tantangan dan peluang dalam pendidikan digital. Penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana peran teknologi digital dalam pendidikan mempengaruhi dinamika pembelajaran mahasiswa, dan implikasinya dalam menyediakan pendidikan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individu. Pendidikan digital memiliki potensi besar untuk tidak hanya meningkatkan fleksibilitas waktu dan lokasi belajar, tetapi juga memungkinkan pengembangan keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman, seperti literasi teknologi, kolaborasi online, dan pemikiran kritis. Institusi pendidikan memainkan peran kunci dalam mendukung transformasi ini, terutama melalui investasi infrastruktur yang memadai dan akses internet yang dapat diandalkan serta pelatihan berkelanjutan bagi para pendidik untuk meningkatkan kapasitas dalam manajemen pembelajaran digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

Ainun, F. P., Setya Mawarni, H., Sakinah, L., Lestari, N. A., Tebi, &, Purna, H., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan di Era Disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1577–1579. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2778

Aldea, I. S., & Toma, E. (2022). The main challenges in education in the context of the digital transformation of learning. Scientific Papers Series Management, Economic Engineering in Agriculture and Rural Development, 22(3), 683–685.

Arrazaq, Z. (2023). Filantropi Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Era Transformasi Digital di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 505–522. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-9

Budi, E. N. N. (2017). Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62–75. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i2.5720

Dewi, A., Rahmat, W., Syawaluddin, M., Azizah, N., Damayanti, R., & Safitri, N. A. (2023). Educational Transformation : Challenges and Opportunities in the Digital Era. International Journal of Education and Life Sciences (IJELS), 1(2), 151–160. https://doi.org/10.59890/ijels.v1i2.534

Dudar, V. L., Riznyk, V. V., Kotsur, V. V., PechenizkaS. S., & Kovtun, O. A. (2021). Use of Modern Technologies and Digital Tools in the Context of Distance and Mixed Learning. Linguistics and Culture Review, 5(S2), 733–750. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS2.1416

Fernandez, O. L. (2021). Emerging health and education issues related to internet technologies and addictive problems. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1), 1–19. https://doi.org/10.3390/ijerph18010321

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Hidayat, M. H. (2024). Revitalizing high school education management in the digital era: challenges and opportunities for educational transformation. Society and Humanity, 02(01), 866–869. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh

Javaid, M., Haleem, A., Vaishya, R., Bahl, S., Suman, R., & Vaish, A. (2020). Industry 4.0 technologies and their applications in fighting COVID-19 pandemic. Diabetes and Metabolic Syndrome: Clinical Research and Reviews, 14(4), 419–422. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2020.04.032

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Kosaretsky, S., Zair-Bek, S., Kersha, Y., & Zvyagintsev, R. (2021). General Education in Russia During COVID-19: Readiness, Policy Response, and Lessons Learned. Primary and Secondary Education During Covid-19: Disruptions to Educational Opportunity During a Pandemic, 227–261. https://doi.org/10.1007/978-3-030-81500-4_9

Mhlanga, D. (2021). The Fourth Industrial Revolution and COVID-19 Pandemic in South Africa: The Opportunities and Challenges of Introducing Blended Learning in Education. Journal of African Education, 2(2), 15–42. https://doi.org/10.31920/2633-2930/2021/v2n2a1

Mhlanga, D. (2022a). Rethinking Education in the Industry 4.0 in Africa, the Effective Management and Leadership of Education Post-COVID-19 Pandemic Towards Digital Transformation. Journal of African Education, 4–7. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4245885

Monisha, M., & Valanteena, D. (2022). Digital transformation in education. EPRA International Journal of Economic and Business, 10(11), 58–60. https://doi.org/10.36713/epra2012

Mustofa, R. H., & RIyanti, H. (2019). Perkembangan E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Digital. Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 366–378.

Nang, M., & Kodri, A. (2022). Digital transformation in higher education: challenges, opportunities and threats. Proceeding Of Seminar On Language, Education, And Technology, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.54895/let.v1i1.1535

Putri, O. M., Sobri, A. Y., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., Maulina, S., Yusma Valenda, O., & Maitreepun, W. (2023). Digital Transformation in the Education Industry: Challenges and Opportunities. 1st International Conference on Innovation in Elementary Education, 1(1), 24–25.

Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(4), 31–47. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I04.20291

Rahmattullah, M. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Simari Sebagai Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8232

Safiullin, M. R., & Akhmetshin, E. M. (2019). Digital transformation of a university as a factor of ensuring its competitiveness. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 9(1), 7387–7390. https://doi.org/10.35940/ijeat.A3097.109119

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9–15.

Suleiman, M. M., Suleiman, M. M., Bilkisu, ;, & Danmuchikwali, G. (2020). Digital Education: Opportunities, Threats, and Challenges. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 78–81. https://www.researchgate.net/publication/344399433

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning Sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##