Konflik Sosial Supir Angkutan Konvensional dengan Kendaraan Online di Kota Padang

Main Article Content

Indah Destya Rany
Syamsir Syamsir
Refa Ramadhani
Salsabila Tamara
Silvi Anjani Putri

Abstract

Abstrak


Judul penelitian ini adalah konflik sosial antara pengemudi transportasi tradisional dan kendaraan online di kota Padang. Terdapat permasalahan yang berujung pada konflik sosial terkait kedatangan dan pengoperasian transportasi online ke Kota Padang. Metode survei yang digunakan dalam survei ini adalah metode survei kualitatif dengan sifat survei yang deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana konflik sosial yang terjadi antara pengemudi transportasi tradisional dan kendaraan online di kota Padang. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode analisis deskriptif oleh lima informan. Pengambilan sampel data menggunakan metode maximum variable sampling. Menurut hasil survei yang dilakukan setelah Maret 2022, pengenalan transportasi online di Kota Padang mempengaruhi status sosial ekonomi transportasi konvensional, yaitu  penurunan pendapatan pengemudi transportasi konvensional. Masalah tarif mengubah minat penumpang dan menimbulkan konflik sosial. Faktor penyebab terjadinya tabrakan antara pengemudi angkutan tradisional dengan kendaraan online di Kota Padang adalah masalah penumpang. Orang suka mengendarai kendaraan online. Karena mereka hanya melalui aplikasi  dan datang ke tempat yang mereka  pesan, mengganggu pengemudi transportasi tradisional, menyebabkan pertempuran dan bahkan kematian. Di sisi lain, menurut pengemudi angkutan tradisional, kendaraan online hanya menerima pesanan yang masuk  di aplikasi dan tidak menjemput penumpang angkutan tradisional, melainkan menyalahkan kendaraan online yang menjemput penumpang.


Kata Kunci : konflik sosial, transportasi online, transportasi konvensional

Article Details

How to Cite
Rany, I., Syamsir, S., Ramadhani, R., Tamara, S., & Putri, S. (2022). Konflik Sosial Supir Angkutan Konvensional dengan Kendaraan Online di Kota Padang. PAKAR Pendidikan, 20(1), 118-128. https://doi.org/10.24036/pakar.v20i1.268
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.